Cerita Tentang Ngidam

Friday, June 24, 2016


Sudah kodratnya bahwa yang namanya istri itu ya dihamilin suami. Dan karena sudah dari sononya bahwa orang hamil itu ngidamnya ada-ada saja, maka suami juga harus ngertiin.
Hamil pertama dulu waktu masih ikut suami tinggal di Turki, saya nyadar betul bahwa ngidam yang saya alami cukup merepotkan suami. Pertama, saya ini gak suka ikan, tapi mendadak jabang bayi di perut minta bakso ikan. Halooo,,,,, di Turki mau nyari dimana bakso ikan?. Untung Cak Gopar udah cakep, juga gesit…. Segera dia telponin cewek-cewek Indonesia yang hidup di bawah langit kota Konya untuk pergi ke pasar beli ikan dan segera datang ke rumah kami, “Ini jabang bayi calon ponakanmu lagi minta bakso ikan, ayok kita rame-rame bikin bakso ikan disini” jelas Cak Gopar ke mereka via telepon di samping saya. Dan setelah bakso jadi….. taraaaaa….. bakso ikan memang enak, tapi saya jabang bayi Cuma mau ngicipi tiga buletan doing. Gak mau nambah,,,, hahaha.
Besoknya, ngidam makan udang. Hah cma udang? Kan gampang?. Iya, udang memang mudah di cari di Indonesia. Tapi tidak demikian di Turki, karena mayoritas orang Turki itu madzhabnya Hanafi yang berpendapat bahwa udang itu haram. Nah lho…..
Setelah gak kuat dengan rengekan manja saya, Cak Gopar pun bergegas pergi ke took swalayan yang agak jauh untuk nyari barang haram itu.
Kini kami sudah ada di Indonesia, Surabaya tepatnya. Hamil kedua saat ini ngidamnya insya Allah mudah-mudah saja karena ada di tanah air sendiri. Contohnya dua minggu lalu saya berbisik ke Cak Gopar dengan manja, “Sayang, dedek bay di perut minta sate padang”.
“Siapa” ujar Cak Gopar sigap.
Sejenak saya lihat Cak Gopar dia merenung.
“Kenapa?” tanyaku.
“Selama ini saya lahir dan hidup di Surabaya, kayaknya saya gak pernah lihat orang jualan sate padang deh”.
Ciiiyyaaaa…….. saya pun ngeluarin jurus bibir monyong. Ngambek!.
Cak Gopar sibuk tanya ke saudara-saudaranya, gak ada yang tahu juga yang jual sate padang. Tanya ke tetangga sebelah rumah, pada gak tau juga. Akhirnya sibuk buka-buka google, di tulis dengan keyword “Jual Sate Padang di Surabaya”, ada beberapa di list….. setelah di telpon, bahkan di datengin…. Eh ternyata dah gak jual sejak beberapa tahun lalu. Alamak.
Cak Gopar pulang dengan gontai, berupaya lembut menjelaskan bahwa Surabaya ini adalah pasarnya Sate Madura…. Sate Padang gak ada di sini.
Jurus bibir manyun pun makin manyun saya keluarkan. Makin ngambek!.
Kembali saya lihat Cak Gopar membuka halaman google di laptopnya, kali ini dengan keywaor beda, “Rumah Makan Padang di Surabaya”. Maka muncullah banyak list hasil pencarian. Cak Gopar mengambil handphone, tiap rumah makan padang ditanya satu persatu…. “Apa di sini jual sate padang?”.
Beberapa kali Cak Gopar menoleh kea rah saya dengan wajah nyaris putus asa. Hingga entah ke berapa rumah makan padang yang ditelponnya, akhirnya dia bilang “Alhamdulillah mi, Sate padangnya ketemu”.
“Di mana bi?”
“Agak Jauh sih dari sini, tapi gak apa-apa”.
Akhirnya kami bergegas ke Restauran Padang RM. SEDERHANA, nemu juga makanan langka di Surabaya. 
Kenyang :D


You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images